BUKA RAKERDA I, GOMEZ: PEMUDA KATOLIK JABAR DAPAT MENJADI ROLE MODEL







Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) menggelar Rapat Kerja Daerah I (Rakerda I) secara live virtual yang terpusat di Kota Bogor sebagai Tuan Rumah di Work Space Winner Bogor Palace, di Bilangan Jl. Pesantren No.11, RT.002/RW.007, Kedung Waringin, Kec. Tanah Sereal, Jawa Barat, Sabtu (17/04). Rakerda dibuka secara langsung oleh Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Arnoldus Yansen da Gomez.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan KKD dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pemuda Katolik Komisariat Daerah Jawa Barat (Komda Jabar) yang dilaksanakan secara daring mulai tanggal 13, 15, 17 April 2021 dengan tajuk “Mewujudkan Organisasi Kader Yang Mampu Berkolaborasi Dengan Semangat Kebangsaan”.

Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar, Edi Silaban memaparkan bahwa “KUJANG” merupakan Tagline akronim yang bervisi kepada Kaderisasi, Unggul, Jejaring, Aktif, Non-stop, dan Gethol. “Pemuda Katolik Komda Jawa Barat kini mengajak seluruh cabang untuk fokus kaderisasi berjenjang untuk menemukan bibit unggul dengan tetap mengutamakan sikap proaktif, kolaboratif, dan tekun melihat dan memahami seluruh persoalan bangsa dan gereja” sambut Edi Silaban.

Kegiatan ini, lanjut Edi, dalam rangka mewujudnyatakan dan menindaklanjuti hasil Musyawarah Komisariat Daerah (Muskomda) Pemuda Katolik Komda Jawa Barat 2019, serta AD/ART Pemuda Katolik dan hasil rapat Pengurus Pemuda Katolik Komda Jawa Barat.

“Semoga Kegiatan Virtual ini tidak mengurangi semangat dan tidak menyurut niat kita. Pentingnya produktifitas kerja organisasi apalagi ini merupakan agenda besar menuangkan ide dan gagasan kemana arah Pemuda Katolik walau ditengah pandemi” tambahnya.

Pastor Moderator Pemuda Katolik Komda Jabar, Romo Eddy Putranto, OSC dalam kesempatan mengucapkan selamat atas terlaksananya Rakerda I Pemuda Katolik. “Pertama-tama, saya ucapkan selamat kepada pengurus dapat melaksanakan Rakerda ini. Karena, Rakerda ini mencerminkan kehidupan organisasi dan di dalam rapat kita berbicara tentang apa yang kita impikan” tandasnya.

Baginya, arah kedepan Pemuda Katolik Jabar begitu optimis. Semangat kolaborasi dengan berbagai pihak penting dilakukan ditengah pengaruh jaman kekinian yang mulai nampak berbagai ancaman terhadap ideologi kebangsaan. “Maka komitmen Pemuda Katolik dengan semangat kebangsaan mesti dilakukan karena tema ini bukan saja penting tapi sangat urgent” kata Sekretaris Kuria Keuskupan Bandung itu.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik yang mewakili Ketua Umum Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa yang berhalang hadir, Arnoldus Yansen da Gomez mengatakan “Komda Jabar sangat produktif menurut catatan Bidang Organisasi. Dalam 2 tahun terakhir telah menghadirkan 10 Komisariat Cabang dimana 5 komcab di 2018 dan 5 komcab 2019. Kemudian ada 130 kader yang mengikuti proses Mapenta dan terakhir lebih dari 70 kader mengikuti proses KKD” ungkap Gomez.

Gomez berharap Pemuda Katolik Jabar dapat menjadi contoh atau role model kedepannya bagi wilayah lain. “Saya berharap Edi Silaban dan teman-teman pengg Komda dapat mencapai quota yang lebih, kalau bisa 20 komcab syukur atau bahkan lebih. Dan dengan ini saya mewakili Ketua Umum dr. Karolin Margret Natasa secara resmi membuka Rapat Kerja Daerah” tutup Gomez.

Sebelumnya, GUBERNUR Jawa Barat (Jabar) Mochamad Ridwan Kamil menegaskan pentingnya peran Pemuda Katolik untuk menjadi pendamai di tengah maraknya isu-isu perpecahan dan mempertahan nilai-nilai pancasila. Hal tersebut disampaikan pada saat sambutan Pembukaan  Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Seri I secara virtual, Selasa, (13/4/2021).


0 Response to "BUKA RAKERDA I, GOMEZ: PEMUDA KATOLIK JABAR DAPAT MENJADI ROLE MODEL"

Post a comment

Tulis komentar publik...